Mo nanya oms, klo mesin suzuki spin ga bisa elektrik stater itu gara2 kiprok ato aki yah ?
note : kiprok udh ganti skywave (mang bengkel bilangnya lebih baik daripada spin)
Selanjutnya, masalah kiprok, omongan bengkel anda IMHO adalah TIDAK BENAR. Kiprok standar yg digunakan di Skywave dan Spin AFAIK adalah kiprok half wave yg sama, tipe Shindengen SH8xx (klo ga salah ingat). Bentuk spt ini:
Adapun skematik kelistrikan standarnya spt ini:
Klo ane ga salah jg, spul dari Spin & Skywave pun sama.
So, semua parts kelistrikan Spin & Skywave setara, accu sama, maka kemampuan kelistrikan jg kurang lebih sama.
Mesin ga bisa electric starter, banyak faktor yg mungkin mempengaruhi, kalo mesin dipastikan SEHAT (kompresi, karburasi), bensinnya ada, pengapian bagus, jadi kick starter ga masalah, dari sisi kelistrikan:
1. Accu mungkin tekor
2. Switch starter di control panel kanan mungkin mati
3. Kabel ada yg putus/soket kendor
4. Bendik (relay) starter bermasalah
Klo ternyata kondisi accu yg tekor, baru kita bisa mulai curiga sm kiprok, tp itupun belom pasti, ada bbrapa faktor yg bisa mengakibatkan accu tekor (intinya, pengeluaran lebih besar dibanding pendapatannya). Tersangka bisa dari spul, koneksi kabel/soket yg ga bagus/kendor, kiprok bermasalah, beban kelistrikan DC melebihi standar, smw mesti dicek satu persatu.
CMIIW, dan mungkin soehoe2 lain yg lebih berkompeten dapat menambahkan/mengkoreksi apa yg ane sampaikan ini.
note : kiprok udh ganti skywave (mang bengkel bilangnya lebih baik daripada spin)
Motor matic suzuki spin ga bisa elektrik stater itu gara-gara accu atau kipro..?
Selanjutnya, masalah kiprok, omongan bengkel anda IMHO adalah TIDAK BENAR. Kiprok standar yg digunakan di Skywave dan Spin AFAIK adalah kiprok half wave yg sama, tipe Shindengen SH8xx (klo ga salah ingat). Bentuk spt ini:
Adapun skematik kelistrikan standarnya spt ini:
Klo ane ga salah jg, spul dari Spin & Skywave pun sama.
So, semua parts kelistrikan Spin & Skywave setara, accu sama, maka kemampuan kelistrikan jg kurang lebih sama.
Mesin ga bisa electric starter, banyak faktor yg mungkin mempengaruhi, kalo mesin dipastikan SEHAT (kompresi, karburasi), bensinnya ada, pengapian bagus, jadi kick starter ga masalah, dari sisi kelistrikan:
1. Accu mungkin tekor
2. Switch starter di control panel kanan mungkin mati
3. Kabel ada yg putus/soket kendor
4. Bendik (relay) starter bermasalah
Klo ternyata kondisi accu yg tekor, baru kita bisa mulai curiga sm kiprok, tp itupun belom pasti, ada bbrapa faktor yg bisa mengakibatkan accu tekor (intinya, pengeluaran lebih besar dibanding pendapatannya). Tersangka bisa dari spul, koneksi kabel/soket yg ga bagus/kendor, kiprok bermasalah, beban kelistrikan DC melebihi standar, smw mesti dicek satu persatu.
CMIIW, dan mungkin soehoe2 lain yg lebih berkompeten dapat menambahkan/mengkoreksi apa yg ane sampaikan ini.