Pasang Cakram Belakang Di Motor Matic Suzuki - Kalau sudah upgrade mesin, sistem pengereman wajib diperhatikan. Apalagi kalau skutik kesayangan sudah di-bore-up ekstrem. Jangan sampai bisa lari kencang, tapi enggak bisa ngerem, cuy!
Gak hanya rem depan, tapi bagian pengereman belakang juga bisa di-upgrade pakai model cakram. Selain kemampuan pengereman makin oke, tampilan juga bisa lebih keren, papar Cengex, mekanik dari Whee2d Speed Shop (WSS), di daerah Ciracas, Jaktim.
Nah, buat yang ingin pasang part tersebut jangan bingung mencarinya. Pasalnya, peranti tersebut sudah banyak di pasaran. Harganya sekitar Rp 500 ribu, berupa; disk atau cakram, slang rem, kaliper, bos (sambungan as roda), braket kaliper, dan tuas rem kiri plus master rem.
Untuk memperagakannya, pria ramah ini melakukan di Yamaha Mio rilisan 2008 miliknya. Caranya gak susah, kok! Cuma teromol belakangnya tambahkan lubang buat dudukan adaptor cakram. Selain itu tampangnya bikin tambah keren, promonya.
Buat cara merangkainya bisa menyimak ulasan berikut. Monggo.
1. Bagi besutannya masih pakai knalpot standar, kudu dilepas dulu. Kalo pakai knalpot racing gak perlu dilepas, tinggal buka baut as roda menggunakan kunci 22 mm, trus kampas dan as rem belakang juga dilepas.
2. Teromol belakang dilubangi pake mata bor ukuran baut 10 mm atau ke tukang bubut sekaligus dibuatkan drat alias ulir baut. Gunanya buat mengikat adaptor cakram di teromol dan kalo bisa ditambahin mur lagi didalam teromol, sarannya.
3. Dilanjutkan memasang adaptor di teromol pake kunci L-5 yang dikencangkan baut 10 mm (baut L) sebanyak 5 buah. Lalu, masukkan dan putar bos sambungan as roda dengan kunci Inggris. Proses berikutnya, pasang cakram yang dikencangkan baut L ukuran 10 mm pake kunci L-5 dengan jumlah bautnya sama.
4. Setelah itu, masukkan braket kaliper rem ke as roda sambungan tadi. Habis itu pasang kaliper berikut slang rem yang diikatkan dengan 2 buat memakai kunci L-6, lanjutnya sambil memperagakan.
5. Biar kaliper gak pusing alias berputar, maka dikencangkan dengan baut L ukuran 12 mm pakai kunci L-6. Dan pegangan braket kaliper diikatkan ke crankcase mesin atau dudukan knalpot. Langkah berikutnya, merakit tuas rem kiri di setang berikut slang rem.
6. Jalurnya dimasukkan ke dalam dek dan diikat dengan cable ties. Terakhir, masukkan oli rem ke master rem sesuai banyaknya isi oli rem tersebut. Jangan lupa buat memompa rem-nya sampai terasa keras alias kampas rem bekerja, tutupnya. Selesai, deh!
Whee2d Speed Shop : 021-97750795/0856-1459008
Judul Asli: Pasang Cakram Belakang Di Skutik
Penulis : Teguh | Editor : Panca | Photo : Teguh
Gak hanya rem depan, tapi bagian pengereman belakang juga bisa di-upgrade pakai model cakram. Selain kemampuan pengereman makin oke, tampilan juga bisa lebih keren, papar Cengex, mekanik dari Whee2d Speed Shop (WSS), di daerah Ciracas, Jaktim.
Nah, buat yang ingin pasang part tersebut jangan bingung mencarinya. Pasalnya, peranti tersebut sudah banyak di pasaran. Harganya sekitar Rp 500 ribu, berupa; disk atau cakram, slang rem, kaliper, bos (sambungan as roda), braket kaliper, dan tuas rem kiri plus master rem.
Untuk memperagakannya, pria ramah ini melakukan di Yamaha Mio rilisan 2008 miliknya. Caranya gak susah, kok! Cuma teromol belakangnya tambahkan lubang buat dudukan adaptor cakram. Selain itu tampangnya bikin tambah keren, promonya.
Cara Pasang Cakram Belakang Di Motor Matic Suzuki
Buat cara merangkainya bisa menyimak ulasan berikut. Monggo.
1. Bagi besutannya masih pakai knalpot standar, kudu dilepas dulu. Kalo pakai knalpot racing gak perlu dilepas, tinggal buka baut as roda menggunakan kunci 22 mm, trus kampas dan as rem belakang juga dilepas.
2. Teromol belakang dilubangi pake mata bor ukuran baut 10 mm atau ke tukang bubut sekaligus dibuatkan drat alias ulir baut. Gunanya buat mengikat adaptor cakram di teromol dan kalo bisa ditambahin mur lagi didalam teromol, sarannya.
3. Dilanjutkan memasang adaptor di teromol pake kunci L-5 yang dikencangkan baut 10 mm (baut L) sebanyak 5 buah. Lalu, masukkan dan putar bos sambungan as roda dengan kunci Inggris. Proses berikutnya, pasang cakram yang dikencangkan baut L ukuran 10 mm pake kunci L-5 dengan jumlah bautnya sama.
4. Setelah itu, masukkan braket kaliper rem ke as roda sambungan tadi. Habis itu pasang kaliper berikut slang rem yang diikatkan dengan 2 buat memakai kunci L-6, lanjutnya sambil memperagakan.
5. Biar kaliper gak pusing alias berputar, maka dikencangkan dengan baut L ukuran 12 mm pakai kunci L-6. Dan pegangan braket kaliper diikatkan ke crankcase mesin atau dudukan knalpot. Langkah berikutnya, merakit tuas rem kiri di setang berikut slang rem.
6. Jalurnya dimasukkan ke dalam dek dan diikat dengan cable ties. Terakhir, masukkan oli rem ke master rem sesuai banyaknya isi oli rem tersebut. Jangan lupa buat memompa rem-nya sampai terasa keras alias kampas rem bekerja, tutupnya. Selesai, deh!
Whee2d Speed Shop : 021-97750795/0856-1459008
Judul Asli: Pasang Cakram Belakang Di Skutik
Penulis : Teguh | Editor : Panca | Photo : Teguh