Mesin Motor Matic Suzuki Nex Benar - Benar Baru

Sepintas bila kita mengamati spesifikasi teknis Nex akan langsung teringat akan Suzuki Titan. Akan tetapi hanya sebatas diameter dan langkah saja, yaitu bore berukuran 51 mm dan langkah 55,2 mm sedangkan pistonnya sendiri berbeda.

Mesin Motor Matic Suzuki Nex Benar - Benar Baru

Faktor irit bahan bakar yang dicetak oleh Suzuki Nex dengan rekor MURI tentu ada faktor teknis yang mendukung. Benar saja rocker arm kini dilengkapi dengan roller sehingga minim gesekan. Ini pertama kali di Suzuki. Bodi kompak dan ringan.Lalu didukung pula oleh Throttle Positioning Sensor (TPS).

Seperti halnya skutik dengan pemasok bahan bakar karburator maka dilpilih versi vakum Mikuni BS 22 dengan pilot jet 12,5 main jet 115.

Yang unik adalah kapasitas olinya, bila dulu skutik Suzuki dikenal 'rakus' oli karena jika yang lain hanya membutuhkan 800 ml maka Suzuki bisa 1000 ml. Kini hanya 625 ml ! Ini berkat magnet kering yang tidak ikut terendam oli hanya bagian gear saja yang terendam oli.Filter olinya benar-benar baru, meski sepintas mirip dengan milik Titan 115 dan Axelo 125 akan tetapi memiliki ujung yang berbeda.
Meskipun demikian, pihak Suzuki menjamin layanan purna jual pada skuter matik berkapasitas 113 cc ini.

Yoshinari Ninomiya yang menjabat sebagai Assistant Manager Engine Design Group 4 Motorcycle Body / Electric Design Dept Motorcycle Engineering mengungkapkan “Nex pertama kali launching di Indonesia kedepannya kami akan launching pula untuk wilayah Asia Tenggara lainnya seperti di Thailand, Malaysia, dan yang lainnya”

Ketika ditanyakan mengenai isu injeksi Yoshinari – San menjawab diplomatis, ”Saat kami meriset Nex waktu itu masih mempergunakan karburator, akan tetapi bila beralih ke injeksi itu bukanlah hal yang sulit”.

Disqus Comments